Sobat Nida, buah durian alias duren emang menggoda banget, apalagi yang rasanya legit dan harumnya semerba. Hmmm...
Tapi awas, kebanyakan makan durian bisa berbahaya buat kesehatan. Ini dia beberapa daftar penyakit berbahaya akibat konsumsi duren yang berlebihan:
1. Pemicu Stroke
Dampak kolesterol yang tinggi dari buah durian ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan stroke. 
Buah durian akan mengganggu kesehatan dengan resiko tinggi jika yang mengonsumsi adalah mereka yang berusia di atas 40 tahun, atau siapapun yang memiliki penyakit terkait kolesterol.
Sobat Nida bisa ingatkan keluarga, orang yang sebelumnya memiliki riwayat kolesterol sebaiknya jangan mengkonsumsi durian secara berlebihan. Memakan durian secara berlebihan bisa memancing kadar kolesterol naik.
Jika ingin memakan durian, makanlah paling banyak satu buah saja. Jika kolesterol tinggi akan memancing semuanya menjadi tinggi seperti asam urat tinggi. Dengan kolesterol dan asam urat tinggi bisa memancing terjadinya komplikasi. Komplikasi inilah yang sangat fatal bagi kesehatan seseorang.
2. Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan juga bisa terjadi jika durian dikonsumsi bersama dengan minuman kopi atau minuman beralkohol. Penelitian di University of Tsukuba, Jepang bahkan membuktikan kandungan sulfur pada durian bisa menghambat metabolisme alkohol dan bisa memicu kematian.
Kopi merupakan minuman pemicu tekanan darah tinggi. Terlalu sering mencampur durian dan kopi akan membuat seseorang terkena penyakit komplikasi.
Durian juga tidak boleh dicampurkan dengan soda sebab jika itu sering dilakukan akan membuat seseorang terkena gangguan pencernaan. Masalah pencernaan dalam jangka panjang akan membuat usus dan lambung terluka bahkan berlubang. Usus dan lambung yang berlubang bisa mengakibatkan kematian.
3. Gangguan Kehamilan
Bagi ibu hamil, durian diyakini tidak baik karena mengandung banyak gula dan juga ada sedikit alkohol. Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa durian memicu kontraksi dan keguguran, ibu hamil selalu dianjurkan untuk tidak terlalu banyak makan buah ini.
4. Ancaman Bagi Penderita Diabetes
Kandungan 100 gram durian terkandung 147 Kkal. Artinya ketika seseorang makan 1 kg durian, jumlah kalori yang ia dapatkan 1.470 Kkal atau sudah sebanding dengan porsi makannya selama satu hari. Sehingga tidak baik bagi penderita diabetes
5. Penyakit jantung
Penyakit jantung bisa disebabkan oleh konsumsi durian secara berlebihan. Kasus orang meninggal dikarenakan sudah ada riwayat sakit jantung di dalam dirinya. 
Penyakit jantung yang diderita akan diperburuk dengan konsumsi durian yang berlebihan. Penyebab seseorang terkena sakit jantung dan berakibat kematian adalah degup jantung cenderung cepat. Alkohol dan kandungan kolesterol yang tinggi pada buah durian membuat detak jantung penderita jantung terpacu lebih cepat lagi.
Nah, Sob... Bahaya kan kalau kebanyakan makan duren? Tapi ada beberapa cara yang bisa menghindarkan kita dari efek samping duren, caranya adalah berikut ini :
1. Minum Air putih sebanyak-banyaknya sehabis mengkonsumsi durian
2. Jangan meminum air yang berwarna
3. Manfaatkan rongga pada kulit durian yang terkelupas. Isi rongga yang ada menggunakan air. Diamkan beberapa saat, lalu minum airnya. Cara ini bermanfaat untuk menghilangkan bau durian pada mulut dan juga bisa mengontrol tekanan darah seseorang.
Jika cara ini tidak dilakukan, banyak yang mengeluh pusing sehabis makan durian meski porsinya sedikit.
4. Konsumsi manggis sehabis mengkonsumsi durian. Kandungan vitamin pada manggis dapat menetralisir efek dari durian.
5. Tidak mengkonsumsi secara berlebihan.
6. Netralisir dengan menggunakan sayuran
7. Tidak konsumsi daging berlemak tinggi setelah santap durian.
Foto ilustrasi: google